Berbagai Hal Penyebab Dermatitis

by yusri on June 28, 2011

penyebab dermatitis Penyebab dermatitis dapat berasal dari sejumlah kondisi kesehatan seperti alergi, faktor genetik, stres fisik dan mental, serta iritasi. Dermatitis dapat menyerang siapa saja, pada usia berapa pun dan bisa mempengaruhi setiap bagian dari tubuh. Pada bayi ada yang dikenal dengan ruam popok dan dermatitis kontak iritan juga dapat mengembangkan sekitar mulut karena kontak kulit dengan menggiring makanan bayi atau air liur. Pada orang dewasa, dermatitis disebabkan kontak iritan sering terjadi dipicu oleh paparan sabun yang kuat, pelarut atau terpotong benda tajam.

Sebuah daftar panjang bahan kimia alam dan buatan dapat memicu penyebab dermatitis, termasuk bahan-bahan yang ditemukan di sabun, pembersih rumah tangga, deterjen, perhiasan logam, parfum, pelarut industri, kosmetik, kain, shampoo dan bahkan salep antibiotik.

Setiap Orang Rentan Terhadap Penyebab Dermatitis

Setiap orang sangat rentan terhadap penyebab penyakit dermatitis, sebab kegiatan sehari-haripun dapat menjadi pemicunya. Kulit paparan umum yang dapat menjadi penyebab penyakit dermatitis termasuk mencuci tangan, membersihkan rumah, penyemprotan atau mengoleskan parfum, mengenakan kalung logam atau gelang yang mengandung nikel, mengenakan pakaian dengan logam terkunci atau ritsleting, kerama, make up atau pewarna rambut, bekerja dengan pelarut industri, dan penggunaan lem. Kejadian seperti ini lebih banyak merupakan penyebab dermatitis kontak.

Alergi dermatitis kontak kaki sering terjadi ketika seseorang membeli sepasang sepatu baru atau kaus kaki. Alergen lain yang hadir dalam konsentrasi tinggi dan yang paling mungkin menyebabkan reaksi. Panas dan keringat yang dihasilkan selama olahraga dapat menyebabkan pewarna di kaus kaki atau sepatu untuk sampai ke kulit, sehibgga memperburuk kondisi. Hal ini akhirnya dapat menyebabkan kondisi kulit kering, pecah-pecah, rasa sakit dan dapat cukup melumpuhkan.

Penyebab penyakit dermatitis sebenarnya sangat tergantung dari jenis dermatitis itu sendiri. Dibutuhkan sejumlah besar kontak dengan iritan selama waktu lebih lama untuk menyebabkan dermatitis dari yang dibutuhkan untuk alergen. Setelah seseorang peka terhadap allergen penyebab dermatitis, hanya paparan singkat ke jumlah yang kecil dapat menyebabkan dermatitis sehingga kita perlu waspada terhadap penyebab dermatitis, sebab walaupun mereka tidak menginfeksi, mereka dapat menjadi peka terhadap tubuh kita sehingga meningkatkan kerentanan untuk menyerang kita di suatu saat.

Related Posts

  1. Dermatitis – Peradangan Pada Kulit
  2. Dermatitis Atopik / Eksim
  3. Berbagai Hal Sebagai Cara Mengatasi Jerawat
  4. Berbagai Hal Mengenai Sakit Kepala
  5. Eksim – Dermatitis Atopik
  6. Alergi Kulit Gatal

Cara Cepat Hamil

{ 4 comments… read them below or add one }

Leave a Comment