Upaya Pencegahan Malaria

by yusri on June 25, 2011

pencegahan malariaPencegahan malaria adalah hal yang patut dilakukan apalagi pada daerah tropis atau sub-tropis karena rentan terhadap penyebaran malaria. Kebanyakan orang yang tinggal di daerah malaria lazim telah memperoleh kekebalan terhadap beberapa penyakit. Seseorang yang tidak memiliki kekebalan, perlu mengambil obat sebagai pencegahan penyakit malaria. Bahkan wanita hamil terkadang di rekomendasikan harus mengkonsumsi obat pencegahan karena risiko ke janin tertular infeksi bawaan. Pemberian obat anti-malaria masih dapat menginfeksi seseorang.

Usaha pencegahan malaria yang dapat dilakukan adalah menghindari gigitan nyamuk dengan memakai pakaian pelindung pada lengan dan kaki, atau menggunakan penolak serangga. Klorokuin telah menjadi obat pilihan untuk perlindungan dari malaria. Dengan munculnya resistensi, sekarang hanya ditunjukkan untuk digunakan di daerah di mana Plasmodium vivax, P. oval, dan P. malariae hadir. Falciparum malaria semakin resistan terhadap obat anti-malaria.

Malaria adalah infeksi darah yang dibawa dari orang ke orang melalui nyamuk. Penyakit malaria ini telah diakui selama ribuan tahun dan sekali ditemukan hampir di mana-mana kecuali di daerah yang paling utara dunia. Malaria masih menjadi masalah serius di banyak dunia tropis dan subtropics, dimana jutaan orang terus terinfeksi setiap tahun, dan mungkin sampai dengan 1 juta dari mereka mati. Kebanyakan kasus ditemukan dari orang-orang yang bepergian ke luar negeri.

Pencegahan Malaria Penting Bagi Orang Yang Suka Bepergian

Untuk wisatawan yang menuju daerah Falciparum malaria, pencegahan malaria dengan mengkonsumsi antimalaria dengan beberapa pilihan antara lain mefloquine, atovakuon/proguanil, dan doksisiklin. Wisatawan dapat menghubungi pusat penanganan dan pencegahan malaria setempat untuk informasi tentang jenis-jenis malaria di suatu wilayah geografis tertentu, obat-obatan pencegahan, dan waktu musim untuk menghindari perjalanan wilayah endemik malaria.

Bagi orang-orang bepergian ke daerah-daerah dimana ada malaria, pencegahan malaria adalah aspek yang paling penting dari pengelolaan penyakit. Temuilah dokter baik sebelum bepergian maupun setelah kedatangan. Beberapa obat biasanya direkomendasikan untuk bepergian apalagi jika tujuan adalah daerah endemik malaria. Pencegahan malaria adalah tindakan penting yang dapat mengurangi resiko kejadian kasus malaria.

Related Posts

  1. Pengobatan Malaria
  2. Penyebab Malaria – Plasmodium
  3. Mengenal Gejala Malaria
  4. Malaria : Pengertian, Sejarah dan Penyebaran Penyakit
  5. Pencegahan Diare Secara Efektif
  6. Pencegahan TBC

Cara Cepat Hamil

{ 2 comments… read them below or add one }

Leave a Comment