Imunisasi Tetanus Toksoid

by yusri on June 20, 2011

imunisasi tetanus toksoidImunisasi tetanus toksoid (vaksin tetanus toksoid) merupakan salah satu upaya yang dilakukan dalam rangka pencegahan penyakit tetanus. Tetanus adalah penyakit serius yang disebabkan oleh bakteri Bakteri Clostridium tetani yang tinggal di tanah, debu, barang berkarat, kotoran hewan, dsb. Imunisasi tetanus toxoid menghadapkan individu untuk sejumlah kecil bakteri yang menyebabkan tubuh untuk mengembangkan kekebalan terhadap penyakit.

Imunisasi tetanus toksoid vaksin dapat membantu mencegah tetanus. Imunisasi tetanus toksoid dibuat untuk orang 7 tahun ke atas. Setelah seseorang selesai pada jadwal imunisasi primer, dosis imunisasi tetanus toksoid yang dibutuhkan 10 tahun sepanjang hidup. Konsultasikan dengan dokter tentang imunisasi tetanus toxoid untuk bisa terjadwal.

Hal-Hal Penting Sebelum Imunisasi Tetanus Toksoid

Siapapun yang memiliki reaksi alergi yang mengancam nyawa setelah dosis vaksin tetanus tidak harus mendapatkan satu dosis lagi. Sebelum menerima imunisasi tetanus toksoid, katakan kepada dokter hal hal berikut ini:

  • Memiliki HIV atau AIDS atau penyakit lain yang mempengaruhi sistem kekebalan tubuh;
  • Menggunakan obat yang mempengaruhi sistem kekebalan tubuh (misalnya steroid, obat anti-penolakan);
  • Menderita kanker
  • Menerima pengobatan kanker dengan sinar-x, radiasi, atau obat.
  • Hamil atau sedang menyusui

Tanyakan pada penyedia layanan kesehatan untuk informasi lebih lanjut, sebab imunisasi tetanus toksoid tidak direkomendasikan dalam beberapa kasus. Individu dengan penyakit ringan seperti pilek, dapat divaksinasi. Mereka yang sedang sakit biasanya harus menunggu sampai mereka pulih sebelum mendapatkan imunisasi vaksin tetanus toksoid.

Toksoid tetanus vaksin dapat diberikan pada waktu yang sama dengan vaksin lainnya. Yang perlu jadi catatan adalah dosis untuk imunisasi tetanus toxoid harus sesuai dengan rekomendasi dokter, selain itu vaksin (apapun bentuknya, termasuk juga obat) mampu menyebabkan masalah serius, seperti reaksi alergi parah. Risiko imunisasi vaksin tetanus toksoid menyebabkan luka serius, atau kematian, sangat kecil. Reaksi alergi yang serius termasuk pembengkakan bibir, lidah, atau wajah, kesulitan bernafas, pucat, penutupan tenggorokan, pusing, atau detak jantung cepat.

Efek samping lain yang kurang serius, seperti nyeri kemerahan, atau bengkak di mana suntikan imunisasi tetanus toksoid itu diberikan. Efek samping biasanya mulai dalam hitungan jam untuk satu atau dua hari setelah vaksinasi.

Related Posts

  1. Vaksin Tetanus
  2. Pengobatan Tetanus Serta Pencegahannya
  3. Imunisasi Influenza Untuk Pencegahan
  4. Penyebab Tetanus – Bakteri Clostridium Tetani
  5. Tetanus : Sejarah, Pengertian dan Penyebabnya
  6. Gejala Tetanus : Kaku dan Kejang Otot

Cara Cepat Hamil

{ 6 comments… read them below or add one }

Leave a Comment