Pengobatan ISPA – Infeksi Saluran Pernapasan Akut

by yusri on June 16, 2011

pengobatan ispa Pengobatan ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Akut) sangatlah penting mengingat penyakit ini adalah penyakit dengan jumlah kasus tertinggi dan penyebab angka kematian anak balita. Waspada terhadap penyakit ini dapat membantu mencegah infeksi yang dapat berujung kematian, maka dari itu penting mengenal gejala ISPA.

Gejala ISPA antara lain dapat dilihat melalui sistem pernapasan adanya napas yang tidak teratur, retraksi dinding thorak, napas cuping hidung, sianosis , suara napas lemah atau hilang dan wheezing. Pasien penyakit ISPA juga dapat mengalami gangguan sistem kardiovaskular berupa tachycardia, bradycardia, hypertensi, hypotensi dan cardiac arrest. Biasanya keadaan yang dapat diamati pada pasien adalah gelisah, mudah terangsang, sakit kepala, bingung, papil bendung, kejang dan koma, letih serta berkeringat banyak.

Klasifikasi Penyakit Untuk Pengobatan ISPA Bagi Anak

Bagi banyak orang, ISPA masih disalah artikan sebagai Infeksi Saluran Pernapasan Atas. ISPA yang sebenarnya adalah singkatan Infeksi Saluran Pernapasan Akut yang melibatkan pernapasan atas dan juga sistem pernapasan bawah. Infeksi akut saluran pernapasan bagian atas antara lain rhinitis, faringitis, dan otitis sedangkan infeksi akut saluran pernapasan bagian bawah meliputi laryngitis , bronchitis, bronkhiolitis, pneumonia.

Untuk mendiagnosis pasien dengan klasifikasi ISPA yang tepat memerlukan pemeriksaan penunjang, maka dari itu hubungi tim medis yang ahli untuk melakukannya. Hal ini sangat penting berkaitan dengan pengobatan ISPA, karena berbeda diagnosis akan berbeda pula pengobatannya. Pengobatan ISPA yang masih sangat ringan biasanya tanpa dilakukan perhatian khusus akan sembuh sendiri, namun kita tetap perlu waspada terhadap penyakit ini.

Kewaspadaan terhadap pengobatan ISPA ini dilakukan karena dapat berakibat fatal terutama bagi anak. Jika penyakit ISPA berlangsung tanpa upaya preventif maka dapat menyebabkan penyakit yang semakin memberat kita ambil contoh pneumonia (sebagai penyakit yang cukup banyak kasusnya). Pada pneumonia perlu diberi obat antibiotik seperti kotrimoksasol, jika terjadi alergi / tidak cocok dapat diberikan Amoksilin, Penisilin, Ampisilin. Sedangkan pada pneumonia berat diperlukan rawat inap di rumah sakit. Jika seorang anak telah diketahui terserang, pengobatan ISPA sesegara mungkin perlu dilakukan. Selain itu juga perlu diperhatikan untuk mencegah penyakit semakin memberat seperti member makanan yang gurih, dll.

Related Posts

  1. ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Akut) Pada Anak-Anak
  2. Pencegahan ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Akut)
  3. Gejala ISPA
  4. Penyebab ISPA
  5. Mengenal Bronkitis Akut
  6. Rabies – Infeksi Akut Pada Sistem Saraf Pusat

Cara Cepat Hamil

{ 2 comments… read them below or add one }

Leave a Comment