Penyebab ISPA

by yusri on June 15, 2011

penyebab ispaPenyebab ISPA adalah topik cukup kompleks karena berhubungan dengan gaya hidup hingga peralihan kehidupan dari masyarakat tradisional menjadi masyarakat modern. Ya, tidak bisa dipungkiri bahwa hasil modernisasi melahirkan industri yang berpengaruh besar terhadap penyebab penyakit ISPA. Penyakit dari singkatan Infeksi Saluran Pernapasan Akut ini dapat kita pahami mengapa ia terjadi ketika kita mengetahui tentang saluran pernapasan yang dimiliki manusia secara mendalam.

Seperti yang telah dijelaskan pada artikel sebbelumnya bahwa saluran pernapasan secara sederhana melibatkan organ-organ yaitu hidung, tenggorokan, laring, trakea, bronchi (bronkus) dan alveoli. Dalam saluran pernapasan mulai dari hidung hingga bronkus terdapat membran mukosa bersilia (silia = rambut-rambut halus). Udara yang masuk melalui rongga hidung disaring, dihangatkan dan dilembabkan. Partikel debu yang kasar dapat disaring oleh rambut yang terdapat dalam hidung, sedangkan partikel debu yang halus akan terjerat dalam lapisan mukosa. Gerakan silia mendorong lapisan mukosa ke belakang ke rongga hidung dan ke arah atas menuju faring.

Mekanisme Penyebab ISPA

Dari penjelasan mengenai fungsi silia, maka secara sederhana penyebab ISPA sangat terkait dengan tidak berfungsinya silia yang terdapat dalam sistem pernapasan seseorang. Jika silia rusak, otomatis menjadi penyebab penyakit ISPA karena kotoran yang masuk bersama udara tidak dapat disaring yang berujung pada infeksi.

Secara umum, efek pencemaran udara terhadap saluran pernafasan dapat menyebabkan pergerakan silia hidung menjadi lambat dan kaku bahkan dapat berhenti sehingga tidak dapat membersihkan saluran pernafasan akibat iritasi oleh bahan pencemar. Produksi lendir akan meningkat sehingga menyebabkan penyempitan saluran pernafasan dan rusaknya sel pembunuh bakteri di saluran pernafasan. Akibat dari hal tersebut akan menyebabkan kesulitan bernafas sehingga benda asing tertarik dan bakteri lain tidak dapat dikeluarkan dari saluran pernafasan, hal ini akan memudahkan terjadinya infeksi saluran pernafasan. Ada beberapa pencetus yang dapat membuat penyebab ISPA semakin bertambah. Kebiasaan merokok misalnya, karena dengan merokok, asap yang masuk secara langsung dapat membuat silia dalam sistem pernapasan rusak sedikit demi sedikit sehingga perlu ada manajemen pola kebiasaan untuk menanggulangi penyebab penyakit ISPA secara efisien.

Semoga artikel tentang penyebab ispa ini bermanfaat untuk Anda.

Related Posts

  1. ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Akut) Pada Anak-Anak
  2. Gejala ISPA
  3. Pengobatan ISPA – Infeksi Saluran Pernapasan Akut
  4. Pencegahan ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Akut)
  5. Penyebab Asma Dan Faktor Pemicunya
  6. Campak – Penyebab Dan Komplikasinya

Cara Cepat Hamil

{ 2 comments… read them below or add one }

Leave a Comment