Gejala TBC

by yusri on June 10, 2011

gejala tbc - tuberkulosis Gejala tbc mungkin telah banyak kita temui di iklan layanan masyarakat, pamphlet, spanduk di pinggiran kota, dan media-media lainnya. Penyakit yang disebabkan Mycobacterium tuberculosis ini memang memiliki gejala yang khas, meskipun tubuh mungkin terinfeksi bakteri yang menyebabkan tbc, namun sistem kekebalan tubuh biasanya dapat mencegah penyakit ini tanpa perlu pengobatan tbc lagi. Untuk alasan ini, dokter membuat perbedaan antara:

· Tbc Laten : Dalam kondisi ini, seseorang memiliki infeksi TB, tetapi bakteri tetap dalam tubuh dalam keadaan tidak aktif dan tidak menimbulkan gejala.

· Tbc Aktif : Kondisi ini membuat penderita sakit dan dapat menyebar kepada orang lain. Hal ini dapat terjadi dalam beberapa minggu pertama setelah infeksi bakteri tbc, atau mungkin terjadi tahun kemudian. Kebanyakan orang yang terinfeksi dengan kuman tbc tidak pernah mengembangkan gejala penyakit tbc aktif.

Tanda dan gejala Tbc Secara Umum dan Tbc Paru

Penderita yang terinfeksi (terutama mereka yang tergolong tbc aktif) akan mengembangkan gejala antara lain batuk (khas disertai dengan dahak berdarah), penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan, cepat kelelahan, demam, berkeringat pada malam hari, kedinginan, sampai kehilangan nafsu makan.

Tbc sangat sering menyerang paru-paru, itulah mengapa kita mengenal tbc paru (atau tb paru). Tanda dan gejala tbc paru-paru umumnya terdapat perbedaan antara lain batuk yang berlangsung tiga minggu atau lebih, batuk darah, nyeri dada atau sakit ketika bernapas atau batuk.

Selain paru-paru, tbc juga dapat mempengaruhi bagian-bagian lain dari tubuh, termasuk ginjal, tulang belakang atau otak. Bila tbc terjadi di luar paru-paru, gejala tbc yang timbul bervariasi menurut organ yang terlibat. Sebagai contoh, tuberkulosis tulang belakang dapat memberikan nyeri punggung, dan gejala penyakit tbc pada ginjal Anda dapat menyebabkan darah dalam urin atau hematuri.

Temui dokter jika mengalami demam, penurunan berat badan, keringat malam atau batuk terus-menerus. Tanda-tanda ini merupakan peringatan akan penyakit sehingga mungkin diperlukan pengobatan tbc secara dini, bisa saja tanda tanda tersebut adalah gejala tbc. Dokter biasanya dapat melakukan tes untuk membantu menentukan penyebabnya.

Related Posts

  1. Penyebab TBC (Tuberkulosis)
  2. TBC – TB – Tuberkulosis
  3. Pengobatan TBC (Tuberculosis)
  4. Pencegahan TBC
  5. Gejala Asma Yang Perlu Diwaspadai
  6. Gejala ISPA

Cara Cepat Hamil

{ 2 comments… read them below or add one }

Leave a Comment