Pengobatan Campak

by yusri on June 9, 2011

pengobatan campak Pengobatan Campak dalam beberapa penelitian masih terus berkembang, meskipun hingga saat ini belum ada obat untuk pengobatan virus campak itu sendiri, selama ini yang marak adalah vaksin campak yang telah digalakkan dibeberapa Negara. Ada beberapa langkah yang dapat membuat penyakit lebih baik selain dilakukan pencegahan berupa vaksin campak maupun imunisasi campak. Hal tersebut antara lain meliput istirahat yang cukup, mandi dengan air hangat dapat mengurangi rasa tidak nyaman karena demam, minum banyak cairan untuk membantu menghindari dehidrasi, penghilang pakit dan pengecil demam seperti acetaminophen (Tylenol, Liquiprin Drops, dan merek lain) dan ibuprofen (Advil, Motrin dan merek lain) dapat membantu dengan gejala-gejala ketika digunakan sesuai dengan petunjuk. Perlu menjadi catatan bahwa untuk tidak memberikan aspirin pada anak-anak atau remaja karena dapat menyebabkan penyakit yang dikenal sebagai sindrom Reye.

Tidak ada pengobatan campak yang khusus untuk mengatasi virus ini. Setelah ruam mulai timbul penderita akan perlu untuk istirahat dan mengobati gejala sampai perkelahian sistem kekebalan dari virus campak berakhir. Jika tidak ada komplikasi, gejala biasanya akan hilang dalam 7-10 hari.

Perawatan dan Pengobatan Campak Bagi Anak

Jika seorang anak menderita campak, saran berikut mungkin berguna:

· Gunakan parasetamol cair atau ibuprofen untuk meringankan demam, sakit dan nyeri. Jangan memberikan aspirin pada anak di bawah usia 16.

· Menutup tirai atau lampu redup dapat membantu mengurangi sensitivitas cahaya.

· Obat batuk membantu sedikit dan tidak harus diberikan kepada anak di bawah usia enam tahun.

· Anak-anak selama 12 bulan mungkin mendapat manfaat dari satu sendok teh jus lemon dan dua sendok teh madu dalam segelas air hangat. Madu tidak boleh diberikan kepada bayi di bawah usia 12 bulan.

· Anak kecil yang demam cepat dehidrasi, yang membuat batuk buruk. Anak-anak harus minum sebanyak mungkin untuk mencegah dehidrasi.

· Meskipun antibiotik tidak berguna untuk mengobati virus campak, mereka mungkin diresepkan untuk setiap infeksi bakteri sekunder yang berkembang.

· Dalam kasus yang parah campak, terutama bila ada komplikasi yang lebih serius, perawatan rumah sakit mungkin diperlukan.

· Pengobatan campak yang baik juga termasuk merawat mukosa mata. Jika mata sakit, bilas mereka dengan kapas direndam dalam air dingin.

Related Posts

  1. Gejala Campak
  2. Campak – Penyebab Dan Komplikasinya
  3. Campak Jerman (Rubella)
  4. Virus Campak : Sejarah, Komplikasi dan Kasus
  5. Pengobatan Diare Mengatasi Diare
  6. Pengobatan Influenza dan Komplikasinya

Cara Cepat Hamil

{ 2 comments… read them below or add one }

Leave a Comment