Campak – Penyebab Dan Komplikasinya

by yusri on June 7, 2011

penyakit campak Campak adalah infeksi masa kanak-kanak, penyebab campak adalah virus. Setelah cukup umum, sekarang campak dapat dicegah dengan vaksin. Tanda dan gejala campak antara lain batuk, pilek, radang mata, sakit tenggorokan, demam dan ruam, juga kulit menjadi merah bernoda kotor. Campak bisa serius dan bahkan fatal bagi anak-anak kecil. Sementara tingkat kematian telah menurun di seluruh dunia sebagai anak-anak lebih menerima vaksin campak, penyakit ini masih membunuh beberapa ratus ribu orang setahun, sebagian besar di bawah usia 5 tahun.

Campak adalah penyakit virus yang sangat menular. Virus campak yang terkandung dalam jutaan tetesan kecil yang keluar dari hidung dan mulut ketika orang yang terinfeksi batuk atau bersin. Seseorang yang rentan terhadap penyakit campak dapat menangkap virus dengan bernapas dalam tetesan atau jika tetesan telah diselesaikan pada permukaan, dengan menyentuh permukaan dan kemudian meletakkan tangan di dekat hidung atau mulut.

Dari Kasus Campak Hingga Komplikasinya

Dalam beberapa tahun terakhir jumlah kasus semakin meningkat. Diperkirakan bahwa peningkatan jumlah kasus penyakit campak adalah karena orang tua tidak mendapatkan anaknya divaksinasi dengan vaksin MMR. Campak paling umum di antara anak usia 1-4 tahun, meskipun orang yang belum mendapatkan vaksinasi campak bisa menangkapnya. Pengobatan untuk campak biasanya tidak diperlukan karena sistem kekebalan tubuh biasanya dapat melawan infeksi dalam beberapa minggu. Biasanya, setelah seseorang telah berjuang dari infeksi campak, tubuh mengembangkan kekebalan (resistensi) untuk itu.

Namun tidak menutup kemungkinan komplikasi campak termasuk pneumonia, infeksi telinga dan mata serta sesak napas (infeksi paru-paru dan tenggorokan). Komplikasi yang lebih serius, seperti radang otak (ensefalitis), yang jarang namun bisa berakibat fatal. Ada ratusan ribu kematian di seluruh dunia dari campak setiap tahun.

Jika seorang ibu merencanakan kehamilan harus maka pelu memastikan vaksinasi campak kecuali telah memiliki penyakit campak di masa lalu. Campak selama kehamilan belum dilaporkan menyebabkan kelainan bawaan pada bayi berikutnya yang bersangkutan. Namun, dapat mengakibatkan infeksi anak yang belum lahir dan mungkin di hasil kasus terburuk dalam kematian bayi dari penyakit ini.

Related Posts

  1. Virus Campak : Sejarah, Komplikasi dan Kasus
  2. Campak Jerman (Rubella)
  3. Gejala Campak
  4. Pengobatan Campak
  5. Pengobatan Influenza dan Komplikasinya
  6. Penyebab Cacar Air

Cara Cepat Hamil

{ 8 comments… read them below or add one }

Leave a Comment