Pencegahan Hipertensi Secara Sederhana

by yusri on May 27, 2011

pencegahan hipertensi Pencegahan Hipertensi termasuk mempertahankan berat badan yang sehat secara fisik aktif; mengikuti rencana makan yang sehat yang menekankan buah-buahan, sayuran, dan makanan rendah lemak susu; memilih dan menyiapkan makanan dengan garam sedikit dan natrium; sampai pada mengubah kebiasaan seperti berhenti atau paling tidak meminimalkan minum minuman beralkohol. Pencegahan darah tinggi memungkinkan seseorang untuk terhindar dari berbagai jenis komplikasi.

Pencegahan Hipertensi Langkah 1: Pola Makan Sehat

Penelitian telah menunjukkan bahwa mengikuti rencana makan sehat dapat mengurangi risiko terjadinya tekanan darah tinggi dan menurunkan tekanan darah sudah tinggi. Langkah ini merupakan awal pencegahan hipertensi yang baik.

Pencegahan Hipertensi Langkah 2: Mengurangi Garam dan Sodium Ketika Diet

Kunci untuk makan sehat adalah memilih makanan rendah garam dan natrium. Kebanyakan orang mengkonsumsi garam lebih dari yang mereka butuhkan. Rekomendasi saat ini adalah untuk mengkonsumsi kurang dari 2,4 gram (2.400 miligram [mg]) sodium dalam sehari bukan hanya pencegahan darah tinggi, tetapi juga menjaga tekanan darah tetap normal. Perbandingan itu sama dengan 6 gram (sekitar 1 sendok teh) garam meja sehari. Bagi seseorang dengan tekanan darah tinggi, dokter mungkin menyarankan makan lebih sedikit garam dan sodium, karena penelitian terbaru menunjukkan bahwa orang diet mengkonsumsi 1.500 mg sodium bermanfaat menurunkan tekanan darah yang lebih baik.

Pencegahan Hipertensi Langkah 3: Mempertahankan Berat Badan Normal

Kelebihan berat badan meningkatkan resiko terkena tekanan darah tinggi. Bahkan, tekanan darah meningkat dengan meningkatnya berat badan. Pencegahan hipertensi dini sangat efektif jika seseorang memiliki berat badan ideal. Lakukan diet menurunkan berat badan jika Anda kelebihan berat badan/ obesitas

Pencegahan Hipertensi Langkah 4: Menjadi Lebih Aktif

Menjadi aktif secara fisik merupakan salah satu langkah yang paling penting yang dapat dilakukan untuk mencegah hipertensi atau mengontrol tekanan darah tinggi. Hal ini juga membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Cukup dengan olahraga ringan dalam sehari.

Pencegahan Hipertensi Langkah 5: Berhenti Mengkonsumsi Alkohol

Minum alkohol terlalu banyak dapat meningkatkan tekanan darah. Hal ini juga dapat membahayakan hati, otak, dan jantung. Minuman beralkohol juga mengandung kalori, yang masalah jika memiliki program untuk menurunkan berat badan.

Pencegahan Hipertensi Langkah 6: Berhenti Merokok

Merokok melukai dinding pembuluh darah dan mempercepat proses pengerasan pembuluh darah. Berhenti merokok merupakan salah satu upaya dalam mengubah gaya hidup sehat demi pencegahan hipertensi.

Related Posts

  1. Pengobatan Hipertensi yang Efektif
  2. Penyebab Hipertensi Yang Beraneka Ragam
  3. Pencegahan Diare Secara Efektif
  4. Manfaat Pisang Untuk Penderita Hipertensi
  5. Sekilas Tentang Definisi Hipertensi
  6. Hipertensi Pada Kehamilan Dapat Diminimalisir

Cara Cepat Hamil

{ 2 comments… read them below or add one }

Leave a Comment