Hipertensi – Tekanan Darah Tinggi

by yusri on May 26, 2011

hipertensi-penyakit-tekanan-darah-tinggi Hipertensi adalah istilah medis dimana kondisi tekanan darah tinggi, beberapa orang menyebutnya penyakit tekanan darah tinggi, namun pada kenyataannya, hipertensi adalah suatu gejala penyakit! Dokter ahli jantung tidak menyebutnya suatu penyakit hipertensi. Hipertensi dikenal sebagai "silent killer" karena tidak memiliki gejala awal tetapi dapat menyebabkan penyakit jangka panjang dan komplikasi yang berakibat fatal. Pengertian hipertensi sendiri menurut kesepakatan WHO adalah keadaan seseorang apabila mempunyai tekanan sistolik sama dengan atau lebih tinggi dari 160 mmHg dan tekanan diastolik sama dengan atau lebih tinggi dari 80 mmHg secara konsisten dalam beberapa waktu.

Jenis jenis hipertensi / tekanan darah tinggi

Hipertensi dalam dunia kedokteran terdapat 2 jenis yaitu hipertensi primer (hipertansi esensial) dan hipertensi sekunder. Hipertensi sekunder lebih buruk prognosisnya dibandingkan hipertensi primer dan perlu penanganan secara tepat. Kebanyakan orang tidak mengetahui dirinya terkena hipertensi, apalagi hipertensi primer, namun hipertensi primer sangat mudah diobati.

Kebanyakan masyarakat masih menganggap hipertensi adalah hal yang sepele, padahal melihat komplikasinya jika terjadi penyakit tekanan darah tinggi pada seseorang bisa berujung pada kematian. Tantangan selanjutnya adalah bagaimana meningkatkan kesadaran publik akan bahaya penyakit tekanan darah tinggi ini.

Klasifikasi tekanan darah

Dilihat dari pengertian hipertensi, maka ditemukan dua istilah yaitu systole dan diastole. Miasalnya 120/80 mmHg, angka 120 disebut dengan tekanan darah atas (sistolik) dan angka 80 disebut dengan tekanan darah bawah (diastolik).

Bagaimana tekanan darah diukur?

Tekanan darah diukur dengan alat pengukur tekanan darah dan dicatat sebagai dua angka seperti dijelaskan diatas, misalnya, 120/80 mm Hg (milimeter air raksa). pengukuran Tekanan darah biasanya diambil di lengan atas atas arteri brakialis. Kemudian tekanan darah diklasifikasikan sebagai beberapa kategori :

· Normal Tekanan darah kurang dari 120/80 mmHg

· Pre-hipertensi 120-139 / 80-89 mmHg

· Tekanan darah tinggi/hipertensi (tahap 1) 140-159/90-99 mmHg

· Tekanan darah tinggi/hipertensi (tahap 2) lebih tinggi dari 160/100 mmHg

Resiko berkaitan dengan hipertensi

Menurut studi penelitian dan kenyataan berdasarkan epidemiologi, risiko kematian serangan jantung (penyakit jantung) secara langsung berhubungan dengan tekanan darah tinggi, hipertensi terutama sistolik. Semakin tinggi tekanan darah Anda, semakin tinggi risiko . Kontrol seumur hidup untuk mempertahankan hipertensi menurunkan risiko komplikasi seperti serangan jantung dan stroke.

Related Posts

  1. Pengobatan Hipertensi yang Efektif
  2. Tekanan Darah Rendah
  3. Menurunkan Darah Tinggi
  4. Sekilas Tentang Definisi Hipertensi
  5. Hipertensi Pada Kehamilan Dapat Diminimalisir
  6. Mengatasi Darah Tinggi Tanpa Obat

Cara Cepat Hamil

{ 2 comments… read them below or add one }

Leave a Comment