Alergi Kulit Gatal

by yusri on May 11, 2011

alergi kulit Alergi kulit gatal beraneka macam jenisnya, namun tidak semua ruam yang gatal yang berkaitan dengan alergi kulit. Jenis yang paling umum dari ruam alergi kulit antara lain dermatitis atopik, urtikaria dan angioedema, kontak dermatitis, dan penyakit sejenisnya.

Alergi kulit jenis Dermatitis Atopik (Eksim)

Dermatitis atopik sering terjadi pada anak-anak, walaupun pada dewasa muda juga biasa terjadi dan bisa terus ke dalam kehidupan dewasa. Ruam dermatitis atopik terjadi di mana seseorang terkena goresan. Pada bayi, ruam terjadi di pipi dada, dan kulit kepala. Anak yang lebih besar dan dewasa biasanya memiliki ruam di kulit lipatan siku dan di belakang lutut, meskipun mungkin juga terjadi pada wajah, leher, tangan, kaki dan punggung. Ruam ini merah, sering serpih atau merembes, dan lepuh kecil atau benjolan. Sering terjadi excoriations atau daerah alergi kulit yang rusak dari agresifitas garukan.

Alergi kulit jenis Urtikaria (Hives) dan Angioedema (Pembengkakan)

Urtikaria adalah sebuah ruam gatal yang dapat terjadi pada semua usia. Ruam ini muncul sebagai akibat pengangkatan benjolan merah dari berbagai bentuk dan ukuran, dan biasanya berlangsung selama beberapa menit hingga berjam-jam. Pembengkakan kadang-kadang sejalan dengan urtikaria yang biasa disebut angioedema (biasanya pembengkakan pada bibir, mata, dan tangan dan kaki). Angioedema biasanya tidak gatal atau merah, ia cenderung untuk membakar, menyengat atau menyebabkan sensasi kesemutan. Parah pembengkakan ini kemampuan untuk bernapas bisa berbahaya dan bahkan mengancam jiwa.

Alergi kulit jenis Kontak Dermatitis

Kontak dermatitis ini disebabkan dari kontak kulit yang dapat menjadi alergi kulit dengan zat yang menyebabkan reaksi seperti ruam. Orang bereaksi terhadap berbagai bahan kimia, termasuk kosmetik, pewarna rambut, logam, obat topical, dan sebagainya. Contoh dari dermatitis kontak adalah ruam dari poison ivy, yang sangat gatal dan muncul sebagai lepuh cairan dan kerak setelah kontak dengan tanaman. Ruam dermatitis kontak ini dapat terlihat seperti dermatitis atopik, tapi bintik merah itu biasanya terletak hanya di daerah kontak dengan bahan kimia. Lokasi umum meliputi wajah, terutama kelopak mata, leher, tangan dan kaki. Dermatitis Kontak untuk logam, seperti di perhiasan resleting pada pakaian, biasanya terjadi pada pergelangan tangan leher, tangan, telinga dan di pinggang.

Sebagai akhir tulisan ini, jangan lupa untuk membaca artikel artikel kesehatan yang lainnya tentang alergi kulit di website ini.

Related Posts

  1. Dermatitis – Peradangan Pada Kulit
  2. Dermatitis Atopik / Eksim
  3. Eksim – Dermatitis Atopik
  4. Jenis Jenis Penyakit Kulit
  5. Berbagai Hal Penyebab Dermatitis
  6. Penyakit Kulit – Infeksi Kulit

Cara Cepat Hamil

{ 23 comments… read them below or add one }

Leave a Comment