Panu – Infeksi Kulit Oleh Jamur

by yusri on May 10, 2011

panu Panu adalah infeksi kulit yang disebabkan oleh jamur. Panu dapat mempengaruhi kulit pada tubuh (tinea corporis), kulit kepala (tinea capitis), daerah selangkangan (tinea cruris), atau kaki (tinea pedis). Seringkali, ada beberapa panu pada daerah kulit sekaligus.

Penyebab Panu

Panu merupakan kelainan kulit yang umum, terutama di kalangan anak-anak, tetapi dapat mempengaruhi orang-orang dari segala usia. Banyak bakteri dan jamur hidup pada tubuh setiap orang dimana beberapa berguna untuk tubuh. Lainnya dapat berkembang biak dengan cepat dan menjadi infeksi. Panu terjadi ketika jenis jamur tertentu tumbuh dan berkembang biak di mana saja pada bagian tubuh terutama pada suhu yang mereka sukai (lembab).

Panu merupakan salah satu penyakit kulit menular. Hal ini dapat ditularkan dari satu orang ke orang berikutnya dengan kontak kulit-ke-kulit langsung atau melalui kontak dengan barang-barang yang terkontaminasi seperti sisir, pakaian kotor, dan permukaan bak mandi atau kolam renang. Selain itu hewan peliharaan yang membawa jamur dapat menjadi perantara seperti kucing.

Jamur yang menyebabkan panu berkembang dalam suhu hangat dan area lembab. Panu lebih mungkin jika keadaan sering basah (seperti berkeringat) dan luka ringan.

Gejala panu

Gatal, merah, bersisik yang mungkin melepuh seperti cairan merupakan gejala khas. Warna kulit menjadi tidak seperti biasanya (putih). Dokter akan mendiagnosa panu terutama didasarkan pada penampilan kulit. Jika tes diperlukan, jamur dapat muncul saat kulit diperiksa dengan lampu biru (disebut lampu Wood) di ruangan gelap. Sebuah diagnosis yang lebih pasti dapat dilakukan oleh daerah yang terkena gesekan kulit dan memeriksa selnya di bawah mikroskop.

Pengobatan panu

Panu biasanya merespon dengan baik untuk perawatan diri sendiri dalam waktu 4 minggu tanpa harus ke dokter. Bubuk, lotion, atau krim biasanya cara yang dilakukan untuk mengatasinya dengan sendiri, dimana mereka mengandung bahan-bahan miconazole, klotrimazol, atau bahan lain yang serupa. Infeksi berat atau persisten mungkin memerlukan pengobatan oleh dokter. pil anti jamur dapat diberikan dan yang diperlukan jika rambut terinfeksi. Resep obat anti jamur kulit, seperti ketoconazole, lebih kuat daripada produk seperti krim atau lotion. Antibiotik mungkin juga diperlukan untuk mengobati infeksi bakteri penyebab panu .

Related Posts

  1. Penyakit Kulit – Infeksi Kulit
  2. Jenis Jenis Penyakit Kulit
  3. Jamur Shitake Berikan Sumbangsih Dunia Kesehatan
  4. Pemanfaatan Jamur Lingzhi Bagi Kesehatan
  5. Jamur Sebagai Pilihan Makanan Kesehatan
  6. Solusi Hidup Sehat Bersama Masakan Jamur

Cara Cepat Hamil

{ 5 comments… read them below or add one }

Leave a Comment