Batu Ginjal – Pengertian dan Gejalanya

by yusri on May 8, 2011

batu ginjal Batu ginjal adalah salah satu fenomena penyakit ginjal yang unik dimana terdapat batu pada ginjal akibat penumpukan kristal atau molekul yang tidak terbuang di ginjal, hal ini jika semakin lama akan membuat batu akan berkembang menjadi besar. Batu ginjal sangat bervariasi dalam ukuran. Beberapa sekecil butiran pasir sedangkan yang lain adalah begitu besar hingga mengisi seluruh pelvis (tempat keluar urin pertama, sebelum ureter) ginjal.

Batu ginjal tidak selalu menyakitkan dan kadang-kadang ditemukan setelah sinar-X atau pemeriksaan USG. Batu ginjal biasanya terjadi pada pria sebelumnya sehat berusia antara 30 sampai 50. Laki-laki memiliki resiko lebih besar dibandingkan perempuan dengan rasio 4:1.

Beberapa penyebab batu tidak diketahui, tetapi mereka dapat dikaitkan dengan konsentrasi tinggi kalsium dalam urin atau kadang-kadang dalam darah. Mereka juga dapat disebabkan oleh dehidrasi, infeksi, obstruksi air kemih dan berbagai gangguan ginjal.

Gejala batu ginjal

Batu ginjal menyebabkan tiba-tiba merasa sakit terutama di punggung. Ini biasanya terkonsentrasi pada satu sisi belakang, tetapi juga bisa masuk ke dalam perut atau turun ke selangkangan di mana ia dapat mengakibatkan sakit hingga seperti menusuk. Jenis yang sama rasa sakit juga dapat disebabkan oleh perdarahan atau infeksi pada sistem kemih. Rasa sakit ini sering disertai dengan mual dan muntah.

Mereka dapat menyebabkan goresan pada lapisan (mukosa) dari pelvis ginjal atau ureter. Hal ini menyebabkan darah dalam urin (hematuri). Jika penderita terkena serangan batu ginjal, maka dibutuhkan bantuan medis untuk meringankan rasa sakit. Jika batu berukuran 0.5 cm atau lebih kecil, serangan itu biasanya akan berhenti setelah beberapa jam ketika batu diekskresi dengan urin. Namun, jika batu terjebak pada jalan keluar sehingga menyumbat saluran kemih, proses ini bisa memakan waktu beberapa hari.

Jika batu ginjal itu begitu besar sehingga tidak bisa keluar dengan sendirinya atau sakit terus berlanjut, maka perlu untuk pergi ke rumah sakit. X-ray (urography) atau pemeriksaan USG dapat menunjukkan ukuran batu dan di mana ia berada. Hal ini penting karena membantu dokter memutuskan bagaimana, dan kapan batu harusdikeluarkan. Jika batu kecil dan dekat dengan kandung kemih, mungkin dibiarkan hingga dikeluarkan sendiri oleh urin.

Related Posts

  1. Gagal Ginjal Akut
  2. Gejala Penyakit Ginjal
  3. Ginjal
  4. Jerawat Batu Timbulkan Rasa Sakit Dan Nyeri
  5. Fungsi Ginjal – Organ Ekskresi
  6. Trik Alami Sebagai Cara Menghilangkan Jerawat Batu

Cara Cepat Hamil

{ 2 comments… read them below or add one }

Leave a Comment